Coretan Perkaderan

Ini Keistimewaan yang Dimiliki Perempuan, Menurut Al-Qur’an dan Hadis

Published

on

Oleh: Yunda Nurisma Amalia, Peserta Penataran merupakan agama yang sangat memuliakan seorang . Sebagai Rahmatan Lil Alamin, memposisikan pada tempat yang mulia. Dalam , kedudukan seorang dan laki-laki adalah sama. Keduanya sama-sama makhluk Allah dan sama-sama menyembah Allah. Akan tetapi, ada  keistimewaan yang hanya dimiliki oleh seorang . Yaitu, bahwa seorang diberikan kepercayaan untuk bisa mengandung selama sembilan bulan dan juga melahirkan. Dengan keistimewaan tersebut, maka seorang perempuan bisa mendapatkan pahala yang sangat besar. Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang berisi “Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah, yaitu orang yang mati karena thaun, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, syahid.Orang yang mati sakit perut, syahid. Orang yang mati terbakar, syahid. Orang yang mati karena tertimpa benda keras, syahid. Dan perempuan yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111 dan disahihkan Al-Albani).
Baca Juga:  Ekspose Riset Guru Honorer, PB HMI MPO Sarankan Bentuk Lembaga Kekaryaan Konsen Pendidikan
Dari hadis tersebut dapat kita ketahui bahwa seorang perempuan yang hamil dan melahirkan setara dengan jihad di jalan Allah. Dengan demikian perjuangan seorang perempuan yang hamil dan melahirkan dengan segala pengorbanan yang luar biasa ini diberikan kemuliaan oleh Allah. Dalam Al-Quran saja banyak sekali ayat bahkan surat yang membahas tentang perempuan, seperti surat An-Nisa yang ayatnya banyak membahas tentang perempuan.
Baca Juga:  Etos Perjuangan
Dalam surat An-Nisa ayat 1, Allah telah berfirman yang artinya “Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu (Adam) dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya (Hawa), dan dari keduanya Dia memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.” (An-Nisa: 1).
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending