Coretan Perkaderan

Ini Keistimewaan yang Dimiliki Perempuan, Menurut Al-Qur’an dan Hadis

Published

on

Oleh: Yunda Nurisma Amalia, Peserta Penataran

Islam merupakan agama yang sangat memuliakan seorang . Sebagai Rahmatan Lil Alamin, Islam memposisikan pada tempat yang mulia. Dalam Islam, kedudukan seorang dan laki-laki adalah sama. Keduanya sama-sama makhluk Allah dan sama-sama menyembah Allah.

Akan tetapi, ada  keistimewaan yang hanya dimiliki oleh seorang perempuan. Yaitu, bahwa seorang perempuan diberikan kepercayaan untuk bisa mengandung selama sembilan bulan dan juga melahirkan. Dengan keistimewaan tersebut, maka seorang perempuan bisa mendapatkan pahala yang sangat besar.

Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang berisi “Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah, yaitu orang yang mati karena thaun, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, syahid.Orang yang mati sakit perut, syahid. Orang yang mati terbakar, syahid. Orang yang mati karena tertimpa benda keras, syahid. Dan perempuan yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111 dan disahihkan Al-Albani).

Baca Juga:  Ekspose Riset Guru Honorer, PB HMI MPO Sarankan Bentuk Lembaga Kekaryaan Konsen Pendidikan

Dari hadis tersebut dapat kita ketahui bahwa seorang perempuan yang hamil dan melahirkan setara dengan jihad di jalan Allah. Dengan demikian perjuangan seorang perempuan yang hamil dan melahirkan dengan segala pengorbanan yang luar biasa ini diberikan kemuliaan oleh Allah.

Dalam Al-Quran saja banyak sekali ayat bahkan surat yang membahas tentang perempuan, seperti surat An-Nisa yang ayatnya banyak membahas tentang perempuan.

Dalam surat An-Nisa ayat 1, Allah telah berfirman yang artinya “Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu (Adam) dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya (Hawa), dan dari keduanya Dia memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.” (An-Nisa: 1).

Pada hakikatnya seorang perempuan diciptakan di muka bumi ini sebagai pelengkap untuk seorang laki-laki. Jika diibaratkan, perempuan adalah buminya dan laki-laki adalah langitnya.

Maksudnya yaitu seorang perempuan memiliki peran sebagai bumi yaitu untuk menampung. Apabila seorang laki-laki sebagai langit yang mencurahkan hujan, maka seorang perempuan mampu untuk menumbuhkan tumbuhan di bumi.

Baca Juga:  Etos Perjuangan

Dengan kata lain bahwa seorang perempuan adalah sosok pelengkap kesempurnaan laki-laki. Pelengkap disini maksudnya adalah bahwa seorang perempuan adalah pasangan seorang laki-laki, yang mana keduanya akan saling melengkapi.

Keistimewaan lain dari perempuan yaitu tercantum dalam beberapa ayat dalam Al-Qur'an hingga Hadis. Salah satunya terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Luqman ayat 14.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya yaitu -bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.”

Dan dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebut sebanyak tiga kali sebagai sosok yang paling berhak untuk dihormati dan diperlakukan dengan baik. Maka dari itu seorang perempuan sangat mulia di agama Islam, baik kedudukannya sebagai istri maupun sebagai ibu.

Lagi Trending