Basic Training

Jangan Insecure Jadi Pemimpin

Published

on

Oleh: Kanda Muhammad Abdul Aziz, Peserta Basic Training HMI MPO Komisariat Untirta Pakupatan

Pemimpin, kepemimpinan atau bos identik dengan berbagai jabatan, kekuasaan, uang, dan banyak lagi. Istilah-istilah berkaitan dengan hal di atas adalah hal yang sering didengar atau nyaring menjadi pembahasan di berbagai forum diskusi maupun seminar.

Pertanyaan mendasar apakah kepemimpinan itu hanya identik dengan cara kita memimpin seseorang atau organisasi? Apakah memimpin diri sendiri bukan bagian dari kepemimpinan? Hal itu menjadi pertanyaan mendasar ketika kita membicarakan materi mengenai kepemimpinan.

Selanjutnya pembahasan mengenai materi kepemimpinan ini tentunya ada berbagai kriteria menjalankan kepemimpinan yang baik. Yaitu bijaksana, amanah, bertanggung jawab, konsistensi, dan berbagai kriteria mengenai pemimpin yang lainnya.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menyiapkan diri kita untuk menjadi pemimpin yang sesuai dengan kriteria yang baik? Diskusi mengenai kepemimpinan ini mengarah kepada berbagai studi kasus mengenai bagaimana pemimpin negara ini dalam menjalankan roda pemerintahan, tentunya dengan berbagai kriteria baik-buruknya, bagus-tidaknya, tepat dan tidak tepatnya.

Baca Juga:  Perempuan Dalam Lingkup Hegemoni Budaya dan Media Massa

Pemimpin negeri kita hari ini dengan berbagai keburukannya membuat kita harus sadar dan belajar agar kita tidak mencontoh hal-hal buruk yang ia lakukan. Selanjutnya compare dengan kriteria pemimpin yang baik di mata forum.

Selanjutnya kita diberi contoh video seorang pemimpin (Film Facing the Giants-Red) yang tidak percaya terhadap dirinya sendiri dan implikasinya terhadap sesuatu yang mereka pimpin.

Lalu seorang pelatih mencoba mendorong pemimpin tersebut dengan cara atau metode yang ia lakukan, agar pemimpin tersebut menemukan kepercayaan dirinya, agar ia tidak membatasi dirinya.

Baca Juga:  Sholat yang Tergesa-gesa Bolehkah?

Banyak pesan moral yang bisa kita ambil dalam cuplikan film tersebut, salah satunya agar kita sebagai pemimpin tidak underestimate atau bahasa saat ini insecure dengan diri kita sendiri.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah Push Your Limit, jangan pernah batasi dirimu sendiri jangan takut dengan apa yang akan kita jalani, jangan takut dengan apa yang kita hadapi selama kita masih sanggup.

Hal tersebut setidaknya menjadikan kita untuk tidak takut kalah dan salah terhadap sesuatu yang akan kita hadapi. Kita harus mampu menjadi pribadi yang mempunyai kualifikasi sebagai pemimpin, yang memang hal fundamental yang harus kita miliki.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending