Basic Training

Kepemimpinan

Published

on

Oleh: Kanda Ryan Adam Hidayatullah, Peserta Basic Training HMI MPO Komisariat Untirta Pakupatan

Kita lahir ke dunia ini sebenarnya  diciptakan sebagai seorang Khalifah atau pemimpin di muka bumi, seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 30:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Dari ayat ini berarti kita mempunyai tanggung jawab untuk menjadi pemimpin, yang bisa memimpin ke depannya agar lebih baik.

Bagaimana sih kriteria pemimpin yang baik? Apa dia merupakan sosok yang ditakuti? Atau seperti pahlawan? Atau cerdas?

Baca Juga:  PEREMPUAN: Makhluk Mulia Yang Harus Dijunjung

Beberapa kriteria pemimpin yang ideal adalah bijaksana, amanah, bertanggungjawab, cerdas, tabligh, problem solver (mengatasi masalah), komunikatif, beriman, jujur, konsisten, etos tinggi, semangat, kolaboratif, siap dengan segala resiko, profesional, bisa dipercaya, dan yang paling penting itu bisa mengelola.

Sifat pemimpin ini harus menjadi contoh atau tolak ukur dalam sudut pandang apapun yang mencakup semuanya, yang artinya harus menjadi pemimpin yang bisa menggerakan dan mengarahkan untuk ke depannya agar lebih baik.

Namun apakah kita bisa menjadi pemimpin yang baik? Nyatanya tidak semudah itu.

Jangan sampai pemimpin hanya mementingkan jabatannya saja sebagai pemimpin. Yang diartikan di sini adalah pemimpin yang bukan hanya memerintah saja tapi langsung ikut serta ataupun ikut terjun ke dalam masalah yang dihadapi.

Baca Juga:  Ini Keistimewaan yang Dimiliki Perempuan, Menurut Al-Qur’an dan Hadis

Contoh pemimpin yang baik menurut saya (di luar pemimpin-pemimpin Islam) yaitu Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, beliau merupakan salah satu tokoh pemimpin atau presiden Indonesia yang cukup baik menurut saya, karena dia berhasil mengkonfrontir rupiah menguat tukar nilainya ke dollar. BJ Habibie juga seorang sosok penemu di balik crash/keretakan pesawat terbang yang ia uji.

BJ Habibie menjadi bukti  sebagai salah satu sosok kepemimpinan yang ideal dan mungkin bisa kita tiru,  dengan cara melakukan langkah awal melalui  pendekatan dan mencari tahu sifat, watak, dan cara berfikir yang baik dan benar.  Sehingga  kita bisa mengambil nilai keteladanan moral dan intelektual yang ada pada BJ Habibie yang menjadi pemimpin yang baik.

1 Comment

1 Comment

  1. dail

    September 25, 2021 at 4:09 pm

    mantap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending