Kabar

Arah Baru Pendidikan Indonesia, PUNDI Ajak Masyarakat Refleksi Kembali Sistem Pendidikan Nasional

Published

on

 

Suarahimpunan.com – Yayasan Pegiat Indonesia () berkolaborasi dengan Jaringan Intelektual Berkemajuan () mengadakan webinar bertema ‘Arah Baru Indonesia‘ pada Kamis (25/8).

Webinar ini menghadirkan yang dipandu langsung oleh Indra Charismiadji selaku pengamat nasional dan Ki Supriyoko selaku Ketua dan Kebudayaan Majelis Luhur Tamansiswa sebagai narasumber.

Direktur Eksekutif PUNDI, Haryono Kapitang, dalam sambutannya menyatakan bahwa tema yang diusung dalam webinar dilatar belakangi oleh keresahan PUNDI melihat tidak jelasnya orientasi pendidikan yang ada di Indonesia.

“Menurut laporan Re-imaigining Our Futures UNESCO, sistem pendidikan kini terlalu menekankan nilai keberhasilan individu, pembangunan ekonomi dan persaingan nasional, sambil mengorbankan kebersamaan, pemahaman kesalingtergantungan manusia, serta kepedulian ke sesama dan Bumi. Seharusnya pendidikan harus menjamin solidaritas, welas asih, etika, dan empati tertanam dalam desain kegiatan belajar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Fraksi Demokrat Nilai Aksi Buruh Duduki Kantor Gubernur Banten Tak Beretika

Haryono pun menuturkan bahwa pengangkatan tema ini sebagai upaya merefleksikan kembali situasi mutakhir yang berjalan tanpa orientasi.

“Jika kita melihat fenomena dan polemik akhir-akhir ini yang cenderung didominasi budaya pragmatis dan mengalami dekadensi nilai moral yang akut. Maka, PUNDI bersama ingin mengulas problematika ini secara mendalam,” pungkasnya.

Webinar yang diadakan Pundi juga mengundang Sekretaris Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Alpha Amirrachman, yang membawakan opening speech untuk membuka diskusi webinar.

Baca Juga:  Apa Kabar Suara Anak Muda Harapan Bangsa?

Salah satu peserta diskusi yang berasal dari Ketapang Kalimantan Barat, Ulin Nuha, mengatakan bahwa webinar yang diadakan PUNDI dan ini sangat membantu praktisi pendidikan.

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 4 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending