Kabar Himpunan

Ketatnya Peraturan Kampus Disebut Penyebab Mandeknya Gerakan Mahasiswa, KAHMI : Jangan Lemah, Zaman Saya Lebih Parah

Published

on

, suarahimpunan.com – Mandeknya gerakan mahasiswa akhir – akhir ini disebabkan oleh terlalu ketatnya peraturan kampus, sehingga gerakan mahasiswa menjadi terbatas. Demikian disampaikan oleh peserta diskusi terbuka yang diadakan oleh HMI (MPO) Cabang dalam rangka pelantikan pengurus periode 2019-2020. Menanggapi hal tersebut, salah satu pemateri, kanda Agus Sutisna, mengatakan bahwa kondisi dunia perkuliahan saat ini tidak terlalu mengikat. Pasalnya, zaman sebelum Orba lengser, pembungkaman mahasiswa sangatlah keras. “Zaman saya masih mahasiswa, NKK/BKK itu betul-betul amat sangat membatasi pergerakan mahasiswa. Hari ini dunia kampus amat sangat terbuka. Lebih bebas dibandingkan dulu,” ujarnya di cafe Andhika, Sabtu (18/5).
Baca Juga:  Ingatlah Penguasa, Air Mata Ibu Itu Mahal
Ia menuturkan bahwa saat ini mahasiswa sebenarnya sudah mendapatkan kebebasan untuk berekspresi yang cukup besar. Karena selain NKK/BKK sudah tidak lagi berlaku, juga tidak ada yang berani secara terang-terangan memberangus mahasiswa. “Regulasi regulasi kampus itu pasti ada. Jangan kalian mengeluh dan menjadikan regulasi tersebut sebagai alasan tidak bisa bergerak. Kalian lebih bebas dibandingkan era saya dulu,” ujar kanda Agus yang juga seorang Komisioner KPU . Hal senada dikatakan oleh kanda Oji selaku pemateri yang lainnya. Menurutnya, pada zaman dirinya menjadi mahasiswa, pembungkaman mahasiswa bukan hanya ketika mereka berani turun aksi, melainkan ketika mereka ingin terlibat  dalam organisasi, itu juga dibungkam.
Baca Juga:  Selidiki Kematian Petugas KPPS, Komnas HAM Sambangi KPU Kota Serang
“Zaman saya itu jangankan ikut aksi, ikut LK1 HMI aja langsung di DO. Jadi kalau sekarang ngerasa takut karena dianggap peraturan kampus mengikat, itu salah,” tuturnya.
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending