Kabar Himpunan

Kontestasi Ideologi Berperan Dalam Lahirnya Kebersamaan Bangsa Indonesia

Published

on

Jakarta, suarahimpunan.com – Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai golongan, kelompok dan etnis seharusnya menjadi bangsa yang sulit dipersatukan. Namun karena adanya kontestasi ideologi lah, bangsa Indonesia dapat dipersatukan dengan nilai-nilai kebersamaan. Hal tersebut mengemuka dalam webinar yang diselenggaran oleh Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (), dengan tema ‘Mempercakapkan Keindonesiaan dalam Bingkai Kebangsaan dan Keislaman’ yang digelar pada Rabu, (19/8). Webinar tersebut mengundang pembicara, Ahmad Zainul Hamdi selaku Akademisi UIN Sunan Ampel, Mohammad Syifa Amin Widigdo selaku Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Alto Makmuralto selaku ketua Umum Periode 2011-2013. Kegiatan itu dimoderatori oleh Wasekjend Komisi Intelektual dan Peradaban, M. Yunasri Ridhoh. 
Baca Juga:  Jawab Tantangan Industri 4.0, HMI MPO Wonosobo Digitalisasi Kesekretariatan
Ketua Umum , , dalam sambutannya mengatakan bahwa webinar ini digelar sebagai implementasi semangat agent of change dan social of control dari untuk keutuhan bangsa. “Sebab dalam sejarah panjang HMI sejak dilahirkan hampir sama usianya dengan Indonesia, dan hadir dalam mepertahankan keutuhan negara. Begitu pun agama yang hadir sebagai rahmatan lil alamin tentunya harus dipahami memiliki peran strategis untuk setiap saat stabilitas negara kesatuan Indonesia,” ujarnya. 
Baca Juga:  Peringati Milad, Kohati Serang Raya Gelar Penataran & SIM
Affandi berharap hasil diskusi ini bisa digodok oleh Komisi Intelektual dan Peradaban menjadi sebuah kajian komprehensif dalam bentuk narasi, sebagai bentuk pandangan umum dalam membaca kondisi kebangsaan hari ini. “HMI tidak boleh melemah, tapi bagaimana dengan pikiran-pikiran besarnya, pengetahuan yang dilahirkan dalam proses kaderisasi harus mampu diimplementasikan untuk melahirkan situasi yang stabil dalam konteks sosial kita,” tuturnya.
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 4 Halaman

Lagi Trending