Kabar Nasional

Aksi Saat Jokowi Pidato, Polisi Tangkap serta Telanjangi Massa Buruh

Published

on

Jakarta – Ratusan peserta aksi massa Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK), ditangkap oleh aparat kepolisian di kawasan Gedung DPR/MPR RI, Jumat, (16/8). Sebelum peserta aksi ditangkap, aparat kepolisian juga sempat melakukan penyisiran dan penyitaan terhadap alat komunikasi. Berdasarkan Siaran Pers yang diterima Kru LAPMI Serang, sejak pagi rombongan peserta aksi diadang saat menuju kawasan Senayan. Aparat juga menyita bus yang dipakai oleh peserta aksi. Sejumlah peserta aksi malah mendapatkan kekerasan dari aparat mulai dari intimidasi hingga pemukulan.
Baca Juga:  Kampus Merdeka, Canda Merdeka‚Ķ
“Aparat sudah berbuat sewenang-wenang kepada rakyat yang ingin menyuarakan pendapatnya. Kami meminta aparat segera melepaskan peserta aksi dari serikat buruh/pekerja, dan berhenti melakukan tindakan represif terhadap rakyat,” kata Pengurus Nasional Sentral Gerakan Buruh, Akbar Rewako. Ratusan peserta aksi juga dipaksa aparat untuk melepaskan atribut serikat pekerja dan menyitanya. Bahkan, sejumlah peserta aksi dari Federasi Serikat Buruh Karya Utama-Konfederasi Serikat Nasional (FSBKU-KSN) ditelanjangi oleh aparat di Batuceper, Kota Tangerang. “Kami mempertanyakan dasar tindakan dari aparat terhadap kawan-kawan kami. Tindakan yang dilakukan aparat jelas melanggar amanat Undang-undang Dasar mengenai kebebasan berpendapat,” ujar Sekretaris Jenderal KASBI, Unang Sunarno.
Baca Juga:  Milad Ke 53, Kohati Angkat Derajat Perempuan dengan Intelektualisme
Selain itu, massa aksi yang ingin menjalani ibadah salat Jumat, juga dihalangi oleh aparat. Bahkan, mereka juga kembali mendapatkan kekerasan dan penangkapan ketika di masjid. “Anggota kami ada yang ditonjok oleh Paspampres. Kami diminta untuk kumpul di suatu tempat dan beberapa anggota kami dibawa oleh aparat,” tutur Pengurus Konfederasi Serikat Nasional, Supinah.
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending