Kabar

Dorong Penyelesaian BLBI: PB HMI Serahkan Policy Brief dan Rekomendasi Ke Pansus BLBI DPD RI

Published

on

PB HMI Serahkan Policy Brief dan Rekomendasi Ke Pansus BLBI DPD RI

JAKARTA, Suarahimpunan.com – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam () melalui Komisi Ekonomi mendorong penyelesaian kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia () yang telah menimbulkan polemik berkepanjangan.

 

Dalam hal ini memberikan kajian dalam bentuk policy brief dan rekomendasi melalui Staf Komisi Ekonomi , Supardi Andi, kepada Panitia Khusus (Pansus) yang diterima langsung oleh Pimpinan Pansus , Tamsil Linrung, di Gedung Komplek Perkantoran MPR RI Senayan, Jakarta, pada Jum'at (6/10).

 

Supardi menyampaikan bahwa pihaknya membahas secara khusus dan menjadikan penyelesaian kasus BLBI sebagai prioritas yang disoroti oleh .

 

Baca Juga:  Pejabat Hidup Hedon, PB HMI MPO Ajak Masyarakat Jadi Hakim Sosial

“Kita melihat polemik kasus BLBI yang berkepanjangan sedangkan jika dapat diselesaikan secara cepat uang tersebut dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat dan negara,” ujar Supardi kepada awak media.

 

Ia mengaku telah memberikan policy brief dan rekomendasi untuk penyelesaian kasus BLBI ini, yakni diantaranya:

  1. Mendorong pengesahaan RUU Perampasan Aset sebagai regulasi (payung hukum) untuk menyelesaikan kasus BLBI.
  2. Mendorong sikap tegas pemerintah memberikan punishment kepada pihak yang terindikasi menghambat penarikan aset obligor BLBI.
  3. Mendorong transparansi dan publikasi progres laporan penanganan kasus BLBI.
Baca Juga:  Resmi Dilantik, Berikut Jajaran Kepengurusan PB HMI Periode 2023-2025

 

Di sisi lain, pimpinan Pansus DPD RI, Tamsil Linrung, mengapresiasi dan menerima maksud baik yang disampaikan oleh Komisi Ekonomi PB HMI. Bahkan pihaknya mendukung serta mendorong adanya penyelesaian kasus BLBI ini.

 

Selanjutnya, Supardi mengatakan bahwa dalam waktu dekat Komisi Ekonomi PB HMI akan segera menggelar diskusi publik dengan sentra utama BLBI sebagai pokok bahasan.

 

“Setelah mendorong rekomendasi dan bertemu dengan pihak-pihak terkait, kami akan segera menggelar diskusi publik dengan pokok bahasan BLBI ini guna percepatan penyelesaian kasus BLBI,” tandasnya.

 

 

(RED)

Lagi Trending