Kabar

KORMI Kota Serang Gelar Festival Olahraga Tradisional, Ajak Warga Nostalgia Bersama

Published

on

SERANG, suarahimpunan.com – Dalam upaya melestarikan olahraga dan permainan tradisional, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Serang menggelar Festival Olahraga Rekreasi dan Tradisional di lapangan Pengampelan, Ampel, Kelurahan Pengampelan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, pada Sabtu (18/12/2021).

Festival ini mengusung tema ‘Sehat, Bugar, Gembira dan Luar Biasa’. Ada enam jenis olahraga sekaligus permainan tradisional diantaranya egrang, dagongan, gatrik, bentengan, bakiak panjang, dan gobak sodor, yang memeriahkan sepanjang acara.

Olahraga dan permainan tradisional yang dilombakan dalam festival ini memiliki makna lebih dari sekedar melatih fisik dan kecepatan berpikir otak, tetapi melatih kekompakan dan menciptakan kebersamaan.

Misalnya dalam permainan gobak sodor yang tak hanya membutuhkan ketangkasan dan strategi untuk menerobos mempertahankan lawan. Tetapi dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan sesama tim untuk menang.

Seperti yang diungkapan Ketua KORMI Kota Serang, Jumhadi, bahwa terdapat nilai berharga di dalam olahraga atau permainan gobak sodor, yakni kekompakan dan kontrol diri bagi tim yang sedang bertahan.

“Artinya, dalam menjaga sebuah pertahanan satu sama lain harus kompak agar tim penyerang tidak sampai lolos dari penjagaan mereka,” ujarnya ketika ditemui di sela acara.

Menurutnya, disamping memiliki makna kebersamaan, olahraga dan permainan tradisional ini merupakan peninggalan nenek moyang yang perlu dilestarikan agar tidak hilang dan tergerus oleh arus zaman.

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Lagi Trending