Kabar Regional

PRD Banten Duga Ada Kepentingan Pemodal Dibalik Wacana Pembangunan Industri Kasemen

Published

on

Serang, suarahimpunan.com – Menanggapi wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Serang yang akan membangun kawasan industri di Kecamatan , () menilai ada kepentingan pemilik “modal” besar yang akhirnya masyarakat hanya akan menjadi penonton. Ketua umum , Hendi, mengatakan bahwa apabila terjadi pembangunan industri yang bersekala besar di Kecamatan Kasemen, akan terjadi penggusuran rumah dan lahan warga lokal. Sementara, masyarakat lokal belum siap menghadapi hal tersebut.
Baca Juga:  Walikota Serang Akan Undang Mahasiswa Pencipta Teknologi Asistif Untuk Disabilitas
“Seharusnya yang di pikirkan oleh masalah kesiapan warganya. Kalau saya lihat sih, warganya belum siap. Karena, akan merubah struktural masyarakat. Pastinya warga Kasemen akan jadi penonton saja,” ujar Hendi di sebuah Cafe, , Rabu (15/5). Menurutnya, jika rencana pembangunan tersebut sudah dimulai, akan terjadinya alihfungsi lahan yang begitu besar. Sehingga kebudayaan warga sekitar juga akan hilang, karena adanya pembangunan industri tersebut. “Dan pergeseran masyarakat juga akan terjadi. Karena warga Kasemen ini juga ada situs kebudayaan, ada , dan ini akan berdampak diwilayah itu. Pergeseran masyarakat ini akan tampak jika terjadi industrialisasi besar-besaran di Kasemen,” kata Hendi.
Baca Juga:  Ada Temuan BPK, HMI MPO Cabang Serang Sebut KONI Tak Bertanggungjawab
Sementara, lanjut dia, peralihan fungsi lahan dari sektor pertanian dan perikanan juga akan berdampak bagi masyarakat sekitar. “Saya berharap Pemerintah Daerah dalam menetapkan RT/RWnya, industri sektor yang harus didorong. Atau menggerakan Produktifitas masyarakat sekitar, bukan industri besar yang orientasinya padat modal yang mendiskriminasi masyarakat lokal,” pungkasnya.
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending