Kabar

Ketua Umum PB HMI MPO Sebut Surat Skorsing Tidak Konstitusional

Published

on

Suarahimpunan.com – Ketua Umum angkat suara terkait surat keputusan skorsing atau pemberhentian sementara dirinya yang dikeluarkan oleh Cabang Makassar.

Ketua Umum , Affandi Ismail Hasan, menyebut bahwa surat skorsing bernomor 013/A/KPTS/06/1444 yang dilayangkan kepadanya tidak melalui prosedur secara konstitusional.

“Saya sebagai Ketua Umum PB menyatakan bahwa terkait surat skorsing yang dilayangkan oleh Cabang Makassar kepada saya, dengan tegas saya mengatakan bahwa skorsing itu tidak melalui prosedur secara konstitusi. Jadi, tiba-tiba Cabang Makassar melayangkan skorsing kepada saya dan berpikir konstitusi tentunya perlu ada ruang perbincangan dan penginterpretasian terhadap konstitusi tersebut,” ujarnya.

Affandi juga menilai bahwa pelayangan surat terhadapnya selaku Ketua Umum adalah hal yang lucu. Menurutnya Cabang Makassar seharusnya terlebih dahulu melakukan pengkajian sebelum melayangkan surat skorsing.

Baca Juga:  Pimsid Ngaret, Pleno 3 Jadi Molor

“Rasanya baru terjadi dalam sejarah HMI dimana cabang kemudian melayangkan skorsing kepada Ketua Umum PB, inilah tadi yang saya katakan lucu dan sangat mencengangkan bagi kita semuanya. Padahal yang namanya konstitusi itu di samping ada hal yang eksplisit maka perlu ada ruang pendiskusian terlebih dahulu, dan itu kok tidak dilakukan terhadap saya dalam kasus skorsing yang dilakukan oleh teman-teman HMI Cabang Makassar,” jelasnya.

Baca Juga:  Marak Pencabulan dan Judi Online, HMI MPO Lebak Audiensi dengan Pihak Polres

Affandi menegaskan bahwa surat skorsing dari Cabang Makassar tidak konstitusional, karena tidak adanya layangan surat desakan dari komisariat.

“Kalau kita lihat, bisa kita baca secara detail secara teliti di dalam Konstitusi kita tentang bagaimana prosedur pemberian sanksi atau skorsing yang dalam hal ini saya dan kita semua kader HMI, terutama cabang-cabang HMI se-Indonesia bisa menyaksikan bahwa tidak ada layangan surat dari komisariat, komisariat saya sendiri dalam lingkup HMI Cabang Makassar, yang kemudian mendesak cabang-cabang untuk men-skorsing saya,” paparnya.

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending