Kabar

Saldo JHT Cair Usia 56 Tahun, PB HMI MPO: JHT adalah Hak Pekerja

Published

on

Suarahimpunan.com – Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) mengeluarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua ().

Namun tak sedikit pihak yang menolak serta memprotes atas pemberlakuan peraturan tersebut.

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB MPO) pun turut mengkritik kebijakan Kemenaker Ida Fauziah, soal tata cara pencairan Jaminan Hari Tua () bagi pekerja.

Yang mana dalam Nomor 2/2022 berisi pencairan bisa dilakukan sebelum masa pensiun hanya sebesar 30 persen dengan syarat.

Baca Juga:  Pengurus HMI MPO Cabang Pekanbaru Dilantik, Sekjen Bahas Falsafah Kapal Lancang Kuning

Sedangkan untuk pencairan saldo JHT secara penuh, hanya dapat dilakukan ketika mencapai usia 56 tahun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Ketua Komisi Pemuda dan Mahasiswa PB MPO, Kapitang El Munaseli, mengingatkan Kemenaker bahwa JHT bukan dana pemerintah. Tetapi dana tersebut merupakan hal penuh milik pekerja maupun buruh.

“Perlu diingat, JHT bukanlah dana dari pemerintah, melainkan pribadi karena berasal dari kumpulan potongan gaji teman-teman pekerja, termasuk buruh,” ujarnya.

Terlebih lagi, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini tak sedikit para pekerja yang dikeluarkan atau bahkan terpaksa keluar dari tempatnya bekerja.

Baca Juga:  Hindari Dosa-Dosa Ini Supaya Pahalamu Tidak Habis di Akhirat Nanti

“Banyak pekerja yang mengharapkan dana tersebut sebagai modal usaha, atau mungkin untuk bertahan hidup dari beratnya kondisi ekonomi saat ini. Sekali lagi, JHT adalah ,” tambahnya.

Sementara dalam aturan sebelumnya, dana pekerja yang ada di Program JHT dapat langsung dicairkan 1 bulan setelah dinyatakan tidak bekerja atau mengundurkan diri.

Akhirnya, peraturan ini mengakibatkan para pekerja tidak dapat mencairkan 100 persen dana JHT meski sudah tidak bekerja hingga usia 56 tahun.

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending