Kabar

Temukan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak? Laporkan ke Nomor ini!

Published

on

Jakarta, suarahimpunan.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengajak semua pihak, utamanya korban, agar berani mengungkapkan kasus terkait terhadap .

Dalam rilisnya, Menteri PPPA menegaskan kepada seluruh pihak yang melihat dan mendengar indikasi seksual, agar melaporkan melalui hotline Sahabat Perempuan dan yang sudah disediakan oleh Kementrian PPPA.

“Siapa saja yang melihat dan mendengar adanya dapat melaporkan kasusnya melalui call center Sahabat (SAPA) 129 atau 08111129129,” ucapnya.

Melalui siaran pers yang di publikasikan pada Selasa (29/03), Menteri PPPA menegaskan bahwa semua pihak wajib memberikan perlindungan kepada , yang merupakan kelompok rentan menjadi korban tindak kekerasan, khususnya dalam lingkungan .

Baca Juga:  Menang di Pemira, Paslon 01 Hima PKh Untirta Siap Capai Target

Menurutnya, berbagai data menunjukkan bahwa perempuan paling sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Secara tegas, Bintang menuturkan perlindungan terhadap perempuan harus dilaksanakan. Karena hal itu merupakan amanat konstitusi.

“Undang-undang Dasar (UUD) 1945 mengamanatkan, hak warga negara atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” terangnya.

Hak-hak itu beririsan dengan prinsip Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women atau Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan.

Baca Juga:  Konflik Desa Wadas, Sekum HMI MPO Cabang Serang: Perlu Ada Kajian Strategis

Selain itu, ia menegaskan bahwa Pemerintah berkewajiban melaksanakan perlindungan terhadap hak asasi perempuan. Salah satu upaya pemerintah melalui Undang-undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT).

“UU PKDRT mengatur berbagai langkah-langkah pencegahan lahirnya kekerasan baru. Selain itu, diatur juga kejelasan sanksi untuk pelaku kekerasan dan menentukan pula jaminan akses keadilan bagi perempuan korban kekerasan,” tandasnya. (Aziz/AntaraNews)

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending