Literatur

Apa yang Paling Ringan di Dunia Ini?

Published

on

Oleh: Irat Suirat, Kader MPO Cabang Serang Halo pembaca… Halo teman-teman… Apa yang yang terlintas dalam benak kalian ketika ditanya “Apasih yang paling ringan di dunia ini?” Mungkin beberapa dari kita akan menjawab sehelai kertas, sehelai rambut, kapas, segelintir debu dan lain sebagainya. Hal itu memang benar, tapi di sini saya sedikit ingin membahas hal yang lebih ringan dari itu. Tulisan ini berdasarkan pada pesan Imam Al-Ghazali kepada muridnya. Tetapi di luar itu, menurutku hal ini bisa juga terjadi pada kita.
Baca Juga:  Filsafat dan Generasi Milenial
Menurut beliau, hal yang paling ringan di dunia ini adalah “Meninggalkan . Mengapa demikian? Karena sejak dahulu sampai saat ini, menjadi salah satu hal yang paling berat untuk dikerjakan dan paling ringan untuk ditinggalkan. Meskipun adalah perintah yang paling utama dari Allah SWT, tetapi kita sebagai manusia (terkadang) terlalu terlena dengan keindahan dunia, terlalu disibukkan oleh berbagai aktivitas sehingga dengan mudahnya kita meninggalkan . Meninggalkan shalat sangatlah ringan, bahkan lebih ringan dari satu helai benang sutra atau pun kapas.
Baca Juga:  Tujuan Pendidikan: Perspektif Idealisme Plato dan Al-Ghazali
Shalat adalah amalan pertama yang dihisab nanti di akhirat, dan shalat adalah pembeda antara muslim dan non-muslim. Amal seseorang dilihat dari shalatnya, bila shalat seseorang bagus, maka bagus juga amalannya. Bila shalatnya jelek, maka jelek pula amalan lainnya. Allah SWT langsung memerintahkan kita untuk mengerjakan shalat, hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT: وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 3 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending