Literatur

Apa yang Paling Ringan di Dunia Ini?

Published

on

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS. Taha[20]:132) Karena adalah perintah langsung dari Allah, maka meninggalkan adalah suatu dosa yang paling besar, bahkan lebih besar dari zina. Hal tersebut sesuai dengan perkataan Ibnu Qayyim al-Jauziyah berikut: “Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan lima waktu dengan sengaja merupakan dosa yang paling besar dari pada dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum-minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapatkan hukuman dan kemurkaan Allah, serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.”
Baca Juga:  Filsafat dan Generasi Milenial
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ۞ فَخَلَفَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ اَضَاعُوا الصَّلٰوةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوٰتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّاۙ اِلَّا مَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَاُولٰۤىِٕكَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُوْنَ شَيْـًٔاۙ “Kemudian datanglah setelah mereka pengganti yang mengabaikan salat dan mengikuti keinginannya, maka mereka kelak akan tersesat (menemui Al-Ghayya). Kecuali orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka itu akan masuk Surga dan tidak dizalimi (dirugikan) sedikit pun.” (QS. Maryam[19]:59-60)
Baca Juga:  Tujuan Pendidikan: Perspektif Idealisme Plato dan Al-Ghazali
Pada firman diatas disebutkan bahwa orang yang meninggalkan shalat akan menemui Al-Ghayya. Apasih Al-Ghayya itu? Menurut Ibnu Mas’ud, yang dimaksud Al-Ghayya dalam ayat tersebut adalah tempat yang paling bawah di Neraka Jahanam, yang makanannya sangat menjijikan dan tempatnya yang sangat dalam. Orang yang meninggalkan shalat, tidak hanya mendapatkan balasan di akhirat saja tetapi juga di empat alam sekaligus, yaitu di dunia, saat sakaratul maut, alam kubur, dan Padang Mahsyar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending