Literatur

Apakah Perlu di Era masa Kini Mahasiswa Berorganisasi?

Published

on

Oleh : Kanda Febri Harnong, kader komisariat Ibnu Sina, Cabang Palopo Menurut Stoner, Organisasi adalah pola yang saling berkaitan, dimana sumber daya manusia yang berada di dalamnya diarahkan untuk mencapai tujuan bersama. Berorganisasi dalam lingkup mahasiswa dapat berupa mengikuti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta dapat juga dengan mengikuti kepanitiaan suatu event dan lain sebagainya. Apakah perlu Mahasiswa berorganisasi? Memang benar berorganisasi tidaklah menjadi suatu kewajiban bagi mahasiswa. Kewajiban mahasiswa tetaplah belajar dan memperbanyak ilmu. Akan tetapi, dari segi manfaat bukankah sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa yakni mahasiswa tidak mengisi masa muda dengan kegiatan yang bermanfaat?
Baca Juga:  Meneladani Orator Ulung, Raja Jawa Tanpa Mahkota: H.O.S. Tjokroaminoto
Mahasiswa merupakan tingkatan tertinggi dari seorang siswa. Perlu adanya perubahan, dari yang sebelumnya selama 12 tahun menjalani masa sekolah SD-SMP-SMA hanya diisi dengan kegiatan monoton duduk manis di kelas, mendengarkan apa yang guru sampaikan, lalu sampai rumah belajar lagi mengerjakan tugas, mengulangi apa yang telah guru katakan. Seperti itu setiap harinya. Masa muda adalah masa membuktikan eksistensi dan masa penuh semangat dan gairah, perlu adanya dukungan, dorongan serta wadah untuk mengembangkan dan mengeksplorasi hal-hal lain dalam diri.
Baca Juga:  Merubah Kebohongan Menjadi Seni Kejujuran yang Indah
Belajar tetaplah nomor satu dan hal yang utama bagi mahasiswa. Tapi apakah berguna ilmu yang kita punya jika pada keadaan sekitar saja kita tidak peduli? Masa muda merupakan masa yang hanya dijalani satu kali seumur hidup, pantas kah kita menyiakannya?
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending