Literatur

Bahaya Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Published

on

Bahaya Pergaulan Bebas Pergaulan tak selamanya memberikan efek yang baik. Pergaulan yang buruk atau biasa disebut pergaulan bebas, ialah salah satu contoh pergaulan dengan efek buruk. Dampak negatif dari pergaulan bebas, yaitu:
  • Kerusakan moral anak: Pergaulan bebas merupakan salah satu penyebab rusaknya moral anak bangsa. Mereka merasa bebas tanpa diperhatikan oleh orang tua. Sehingga kehilangan akhlak baik yang seharusnya dimiliki. Berbagai hal negatif dapat dilakukan untuk memenuhi rasa bahagia. Pergaulan bebas menyebabkan anak kehilangan sikap sopan dan hanya mengikuti zaman.
  • Penggunaan narkotika dan minuman keras: Seperti yang telah banyak diberitakan, para remaja kini banyak yang “terciduk” sedang berpesta miras dan/atau narkoba. Bahkan, tak hanya remaja, anak-anak usia dini juga telah menghisap rokok. Obat-obat terlarang ini mudah ditemukan bila seseorang telah masuk ke zona pergaulan bebas. Hal ini dikarenakan minuman keras dan narkotika dijual bebas dimana pun.
  • Kecelakaan sebelum menikah: Dampak negatif pergaulan bebas yang berdampak besar bagi diri sendiri maupun keluarga yaitu hamil diluar nikah. Kurangnya sex education untuk remaja menjadi sebab utama. Kecelakaan sebelum menikah bahkan telah terjadi pada anak usia Sekolah Dasar (SD). Mereka tidak mengetahui apa yang mereka lakukan dan juga dampak setelah mereka melakukan hal tersebut.
Baca Juga:  Mengintip Indahnya Padang Edelweiss Gede Pangrango
Penyebab Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja Beberapa faktor yang menyebabkan remaja melakukan pergaulan bebas menurut (Gunarsa & Gunarsa, 2004), adalah:
  1. Penampilan fisik, remaja tidak percaya diri ketika masa pubertas karena adanya perubahan fisik;
  2. Status kedewasaan, seperti pemikiran yang masih kekanak-anakan akan mudah terpengaruh serta kurangnya sikap bertanggung jawab;
  3. Kekaburan mengenai masa depan dan keragu-raguan mengenai tempatnya didalam masyarakat.
Hal yang terjadi dalam pergaulan bebas banyak bertolak belakang dengan aturan dan norma dalam etika pergaulan. hal ini didasarioleh banyak faktor penyebab pergaulan bebas, antara lain sebagai berikut:
Baca Juga:  Paripurna Kota Serang Diseruduk Mahasiswa, Perjuangkan Kesejahteraan Guru Non PNS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending