Literatur

Dampak Penggunaan Smartphone Bagi Para Milenial

Published

on

Hasil tugas peserta yang mengerjakan dengan smartphone di dekatnya bisa menyelesaikan tugas lebih baik jika dibandingkan dengan peserta yang mengerjakan tugas dengan membawa smartphone. Peneliti mengatakan bahwa mereka yang membawa smartphone merasa terganggu dengan notifikasi di smartphone mereka yang ternyata mengurangi kapasitas kognitif peserta tersebut. Adapun dampak buruk smartphone bagi para milenial :
  1. Penglihatan Terganggu Smartphone itu mengeluarkan sinar biru yang bisa membuat penglihatan terganggu? Jika mata terus-terusan menatap layar smartphone dalam waktu yang lama, misalnya chatting atau main game. Lama kelamaan penglihatan mata akan berkurang sehingga membuat pandangan menjadi kabur. 
  2. Sakit Kepala Sakit kepala biasanya dianggap hanya efek kurang tidur. Padahal sebenarnya sakit kepala merupakan efek lanjutan dari terlalu lama melihat layar smartphone.
  3. Mengurangi Daya Tangkap Otak Bukan hanya mempengaruhi fisik, dampak buruk smartphone bagi remaja juga berakibat fatal pada otak. Meski belum ada bukti ilmiah tentang dampak radiasi smartphone terhadap otak manusia, namun smartphone bisa membuat daya talar remaja menurun. Hal ini karena remaja yang sering menggunakan smartphone akan mengandalkan smartphonenya untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan penalaran, yakni merekam percakapan, mencari apa-apa di Google, dan lainnya. 
  4. Menyebabkan Kecanduan Sudah bukan rahasia jika smartphone bisa menyebabkan kecanduan. Ada yang mau beranjak tidur pun masih saja memainkan smartphone. Padahal banyak bahaya menggunakan smartphone saat akan tidur.
  5. Mengurangi Interaksi Sosial Remaja sering janjian untuk ketemuan dengan teman lewat aplikasi chatting di smartphone. Saat bertemu di tempat yang dijanjikan, biasanya kamu bukannya asyik ngobrol dengan teman-teman, tapi malah sibuk dengan smartphone untuk bikin status Facebook, hingga membalas pesan yang masuk. Hasilnya interaksi dengan teman-teman pun berkurang. Bahkan tidak sedikit yang sampai lupa waktu dan asyik sendiri gara-gara main game di smartphone.
Baca Juga:  Pak Wali, Segera Isolasi Kota Serang!
“Kehidupan berlalu begitu cepat. Buat setiap hitungan detik. Jangan sia-siakan hidup Anda menatap layar ponsel Anda”. (Emma Grace)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending