Literatur

Hikmah Dibalik Bacaan Solat

Published

on

Oleh : Yunda Ni’mah


Assalamu’alaikum Kanda Yunda semua
Kali ini aku mau menulis sedikit rangkuman dari buku Inspiring Word : Mengungkap Hikmah Bacaan Shalat karangan Tatang Hidayat dan Anjar Ramadhana . Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Al-Kautsar.
Sebagai seorang muslim dan muslimah, saat kita telah meyakini bahwa Tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, maka kita telah siap atas konsekuensi yang hadir karenanya. Salah satu konsekuensinya ialah kita wajib melaksanakan solat lima waktu setiap harinya.
Namun, ketika kita menjalankan kewajiban solat kita, apakah kita tahu bahwa dibalik apa yang kita lakukan saat solat, terdapat hikmah-hikmah yang kita ambil? Ataukah kita hanya solat untuk menggugurkan kewajiban saja? Semoga tidak ya kanda yunda hehe.
Sumber gambar : http://www.elegancemagonline.com/wp-content/uploads/WP-Islamic-Prayer-Garb-01-Fotolia.jpg
Baiklah, berikut ini adalah hikmah yang ada dibalik solat yang kita lakukan, yang aku tulis berdasarkan buku diatas.
Niat
Sebelum kita melakukan sesuatu, sudah pasti  selalu diawali dengan niat. Begitu juga dengan solat. Terlepas apakah niat itu dibacakan secara atau tidak, namun hikmah dibalik kita membaca niat adalah dapat menimbulkan kemantapan dalam suatu tujuan yang kita lakukan.
Baca Juga:  Dampak Penggunaan Smartphone Bagi Para Milenial

Takbir
Saat melaksanakan takbir, kita telah menegaskan bahwa Allah lah yang maha besar, selain itu, kecil.

Do’a Iftitah
Menanamkan tekad dalam diri untuk menggunakan pikiran, hati, dan semua tindakan dilakukan dengan bersih jiwa dan raga serta ikhlas. Sehingga membentuk akhlak dan kepribadian yang diridhoi Allah SWT. Dengan akhlak yang mulia dalam kehidupan akan memperoleh kesuksesan.  Akhlak terbentuk karena paradigma muslim yaitu “Rukun Iman”.
Al-Fatihah
Menanamkan persepsi positif dalam berfikir, yang akan menjadi dasar dalam bersikap dan bertindak. Yakin bahwa Allah dengan kasih sayangnya akan selalu memberikan petunjuk. Dan hadapilah perubahan.

Rukuk dan Sujud
Rukuk dan sujud menggambarkan kepercayaan dan keyakinan kita atas kebaikan dan kemudahan Allah dalam memberikan kita petunjuk. Allah akan menuntun kita untuk mengambil keputusan yang diridhai Allah SWT.

Duduk diantara dua sujud
Dengan pengampunan Allah, nikmat-nikmat yang diberikannya, dan meminta maaf akan kesalahan menjadi bekal dalam upaya (misi) untuk mencapai visi muslim yaitu bahagia dunia dan akhirat dengan berlandaskan Iman, Islam dan Ihsan.

Tasyahud
Menerima dan tunduk kepada Allah sebagai Tuhan, dan Muhammad sebagai Nabu dan utusannya. Meneladani Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim sebagai contoh untuk mencapai tujuan muslim, yaitu bahagia dunia dan akhirat dengan Iman, Islam, dan Ihsan.

Salam
Setelah salam, timbul tekad dan semangat yang menguat untuk memiliki kepribadian yang dikehendaki Allah SWT.
Nah, itu semua adalah Hikmah-hikmah dibalik solat yang kita lakukan, yang aku tulis berdasarkan buku yang aku baca. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiiiin.
Wassalamu’alaikum ^_^
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending