Literatur

Ini Warisan Nabi yang Menjadi Jembatan Bahagia Dunia Akhirat

Published

on

Oleh: Kanda Bayu Sasongkojati, Kader MPO Komisariat Untirta Ciwaru

Pertama-tama kita harus tau terlebih dahulu definisi dari kata ‘’. secara bahasa artinya mengetahui sesuatu dengan benar. Dalam Lisaanul ‘Arab disebutkan, al adalah lawan dari al jahlu (kebodohan). Ar Raghib Al Asfahani mengatakan, 

العلم: إدراك الشيء بحقيقته 

“al Ilmu adalah mengetahui sesuatu sesuai dengan hakekatnya.”

Sebagian orang berkata, “kita kepada siapa saja. Salah benarnya, guru kita yang menanggungnya.” Ini keyakinan yang tidak benar. Perlu diketahui bahwa kita akan mempertanggung jawabkan amalan kita masing-masing, bukan guru kita yang menanggung amalan kita. Allah ta’ala berfirman:

Baca Juga:  16 Hari Hafal Juz 30? Pasti Bisa Dong

مَّنِ ٱهْتَدَىٰ فَإِنَّمَا يَهْتَدِى لِنَفْسِهِۦ ۖ وَمَن ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيْهَا ۚ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۗ وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّىٰ نَبْعَثَ رَسُولًا

“Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang Rasul.” (Al-Isra:15)

Baca Juga:  PPKM: Potret Pemerintah Enggan Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kala Pandemi

Maka benar-salahnya kita, tergantung bagaimana sikap kita terhadap kebenaran. Jika kita berusaha mengamalkan kebenaran sebisa mungkin, walaupun mungkin ternyata itu keliru di sisi Allah, akan mudah mempertanggungjawabkannya. Namun jika kita meninggalkan kebenaran, akan sulit mempertanggungjawabkannya.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman: “Maka ketahuilah, bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah dan mohonlah ampunan terhadap -dosamu….” (QS Muhammad: 19)

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 3 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending