Literatur

Ini Warisan Nabi yang Menjadi Jembatan Bahagia Dunia Akhirat

Published

on

Oleh karena itu, ada beberapa keutamaan menuntut bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Karena memiliki keutamaan yang amat besar dan mulia, di antara keutamaan menuntut adalah:

1. adalah Warisan Para Nabi

Rasulullah SAW bersabda: “Dan sesungguhnya para Nabi tidak pernah mewariskan uang emas dan tidak pula uang perak, akan tetapi mereka telah mewariskan ilmu (ilmu syar’i) barang siapa yang mengambil warisan tersebut maka sungguh ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR Ahmad)

Ini menunjukkan bahwa keutamaan lebih tinggi dari pada uang dan emas yang bersifat materi. Sebab, saat seseorang memiliki ilmu dan hingga mengajarkannya, maka hal tersebut akan menjadi amal jariyah yang terus mengalir bahkan hingga orang tersebut meninggal dunia.

Baca Juga:  16 Hari Hafal Juz 30? Pasti Bisa Dong

2. adalah Jalan Menuju Surga

Surga adalah idaman setiap muslim. Bahkan, ia menjadi janji dari Allah SWT bagi banyak amalan shalih yang dilakukan oleh umat . Oleh karena itu saat Allah SWT menjadikan ilmu sebagai jalan utama menuju surga, maka ini menunjukkan besarnya keutamaan .

Hal ini telah mendapatkan landasan syar’i, karena didasarkan pada sebuah hadis saat Rasulullah SAW bersabda: “… Barang siapa yang meniti suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga….” (HR Ahmad)

Baca Juga:  PPKM: Potret Pemerintah Enggan Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kala Pandemi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending