Literatur

Kapan Puasa Tasua, Puasa Asyura dan Puasa Ayyamul Bidh Tahun 2021?

Published

on

Oleh: Kanda Aldo Aldiyansah, Redaktur Bahasa LAPMI Serang Raya

Assalamualaikum Wr Wb

Hallo! Apa kabar teman-teman pembeca setia Suara Himpunan, pasti baik-baik aja yaa.

Bulan Muharram termasuk bulan istimewa sehingga umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah. Selain memperbanyak berzikir dan bersalawat, ada juga anjuran untuk  puasa Tasua dan Asyura. Lalu, kapan puasa Tasua dan puasa Asyura 2021 dilaksanakan? 

Puasa Tasua adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 9 Muharram. Sementara puasa Asyura juga merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Puasa Tasua dan Asyura biasanya dikerjakan berdampingan. Namun, boleh juga mengerjakan salah satunya maupun kedua-duanya. 

Puasa tersebut dilakukan sebagaimana puasa sunnah maupun wajib. Orang yang berpuasa Tasua ataupun Asyura disunnahkan sahur, kemudian berpuasa menahan lapar dan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari. 

Kedua puasa tersebut, baik puasa Tasua dan puasa Asyura, hukumnya sunnah sehingga akan berpahala bagi yang menunaikan tetapi tidak berdosa bagi yang meninggalkannya. 

Baca Juga:  Sekolah Kontradiksi

Allah SWT memberikan kemudahan kepada hamba-Nya untuk mengerjakan maupun tidak puasa Tasua dan Asyura. Namun, beribadah pada bulan Muharram mengandung banyak keutamaan yang besar, sehingga sebaiknya turut mengerjakannya untuk menambah pahala. 

Seperti hadis riwayat Imam Masai, Nabi Muhammad ﷺ bersabda:  “Sesungguhnya Muharram adalah bulannya Allah yang di dalamnya tepat menjadi hari bertaubat umat Islam atas dosa-dosa yang terdahulu.”

Dari Abu Hurairah RA, ia menceritakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah pada bulan Allah yaitu, Muharram.” (HR. Muslim) 

  1. Puasa Tasu’a dilaksanakan pada 9 Muharram jatuh pada hari Rabu, 18 Agustus 2021; Bacaan niat puasa Tasu’a beserta artinya: نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala

Mengacu pada salah satu hadis riwayat Imam Muslim. Dalam hadis itu, Rasulullah ﷺ bersabda: “Kalau saja aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa tasu`a (pada 9 Muharram).” Tetapi Rasulullah SAW wafat sebelum Muharram tahun berikutnya tiba.

  • Puasa Asyura dilaksanakan pada 10 Muharram jatuh pada Kamis, 19 Agustus 2021; Bacaan niat puasa Asyura adalah sebagai berikut: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.
Baca Juga:  Cara Simpel Ini Bisa Pancing Kejujuran Seseorang

Dari Abu Qatadah RA, bahwa “Rasulullah ﷺ bersabda: “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

  • Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 13-15 Muharram jatuh pada hari Minggu-Selasa, 22-24 Agustus 2021. Dalam sebuah hadits Mutafaqun ‘Alaih, puasa Ayyamul Bidh nilainya setara dengan puasa sepanjang tahun

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending