Literatur

Mengapa Manusia Harus Berfilsafat?

Published

on


Oleh: Ikhlasul Amal, Mahasiswa .
[email protected]

Banyak orang yang memandang bahwa berfilsafat sebatas “omong kosong.” Yang mana mereka kalau berbicara tentang filsafat itu tidak ada fungsinya dan peran yang begitu berarti bagi kehidupan manusia itu sendiri.


Maka dari itu, masih banyaknya memandang dengan paradigma berpikir atau cara berpikir yang masih keliru terhadap filsafat. Banyaknya paradigma bahwa filsafat itu hal yang mistis, hal yang aneh, bisa membuat menjadi botak, bisa membuat orang yang belajar filsafat menjadi gila, banyak ngawurnya, bahkan bisa menjadi murtad bagi yang mempelajari filsafat. Tanpa mereka sadari bahwasanya sebagai manusia dalam mempelajari ilmu filsafat sangatlah penting, karena tidak akan ada ilmu-ilmu seperti ilmu matematika, ilmu sosiologi, ilmu geografi dan ilmu-ilmu lainnya tanpa ada filsafat, karena dengan adanya filsafat dan manusia mau untuk mempelajari filsafat, maka lahirlah ilmu-ilmu baru.


Dengan demikian apabila manusia belajar filsafat, maka kita akan dilatih untuk menjadi manusia yang mampu berpikir secara mendalam, komunikatif, rasional, dan radikal dalam berpikir. Apapun latar belakang jurusan kita, apa pun profesi kita, dalam hal ini kita diberikan akal oleh Allah yang mana tidak diberinya kepada hewan. Maka kemampuan dalam cara berpikir ini sangat amat dibutuhkan. Karena dengan belajar filsafat, kita memiliki pengetahuan yang luas, cara berpikir yang benar, rasional dan sistematis.

Baca Juga:  Pencarian Identitas Diri sebagai Tugas Perkembangan Psikososial Remaja dan Pentingnya Remaja dalam Menanamkan Nilai Keislaman

APA ITU FILSAFAT?
Kata filsafat mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bahwa kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia yang terdiri dari dua kata philo dan shopia, philo yang berarti cinta dan shopia yang berarti kebijaksanaan. Dari arti kata philoshopia tersebut filsafat adalah cinta kebijaksanaan yang artinya filsafat mengajarkan kepada kita untuk cinta dalam ilmu dan mengajarkan kita bijaksana dalam berkata.

Baca Juga:  Hubungan Kematian dengan Manusia (Menurut Louis Leahy)
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending