Literatur

Mengenal Sahabat Nabi nan Cakap dan Rupawan, Siapakah Ia?

Published

on

Oleh: Yunda Zahratul Muharromah, Kader Komisariat Untirta Pakupatan

, siapakah ia?
Nama lengkapnya adalah . Namun masyarakat Madinah lebih sering menjulukinya dengan sebutan Dihyah Al-Kalbi. adalah pria tampan nan rupawan yang berasal dari kota kaum ansar yaitu Madinah. Sahabat ansar ini memiliki kelebihan nan anugrah dari Allah SWT berupa fisik sempurna dan penampilan menawan yang membuatnya populer dan terkenal di kaum ansar maupun muhajirin kala itu.

Baca Juga:  Pemerkosaan Disabilitas Terjadi Lagi, HMI MPO Serang Desak Polres Usut Tuntas Perkara

Banyak masyarakat madinah yang terpesona dan mengagumi ketampanannya, bahkan diceritakan jika ia berjalan di sekitar kota Madinah banyak para gadis yang keluar rumah demi melihatnya dan terpesona melihat ketampanannya. Apalagi ketika melihat berdampingan dengan Rasulullah SAW, mereka yang melihatnya seperti melihat dua symbol keindahan secara nyata di wajah keduanya.

Bahkan malaikat Jibril kerap turun ke bumi dengan menyaru rupa wajah Dihya saking tampannya ia. Alkisah, suatu hari setelah Rasulullah memastikan kaum musyrikin benar-benar meninggalkan Madinah pada perang ahzab kala itu, beliau pulang ke rumahnya dengan tenang. Tiba-tiba, malaikat Jibril turun membawa perintah dari langit untuk menghukum kaum Yahudi Bani Quraidzah. Lalu Aisyah istri Rasulullah bertanya: “Ya Rasulullah, siapa yang berbicara dengan anda tadi?” Lalu Rasulullah malah balik bertannya: “Kamu bisa melihatnya tadi?” Aisyah menjawab: “Ya, ia mirip Dihya Al-Kalbi.” Rasulullah lalu menjelaskan siapa sebenarnya sang tamu. “Ia adalah jibril yang turun membawa perintah agar aku segera berangkat ke perkampungan Bani Quraidzah.”

Baca Juga:  Milad HMI 75: Bukan Hanya Himpunan Mahasiswa Islam, Tetapi Harapan Masyarakat Indonesia
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 4 Halaman

Lagi Trending