Literatur

Menyongsong 100 Tahun Indonesia: Revitalisasi Peran Strategis HMI untuk Indonesia Adil, Makmur, dan Beradab

Published

on

Ketua Umum PB HMI MPO 2020/2022, Affandi Ismail Hasan, saat menyampaikan sambutan di acara Milad HMI ke-75 yang diselenggarakan di Gedung Paripurna Nusantara V DPD/MPR RI pada Sabtu (12/2).

Sambutan Ketua Umum , Affandi Ismail Hasan, dalam milad ke-75.

Dalam sambutan kali ini, saya akan melontarkan satu pertanyaan yang sama dengan apa yang diucapkan oleh Stephen Hawking tatkala dia menjadi pembicara di California Institute of Technology (Caltech) beberapa tahun yang lalu “Mengapa kita ada di sini?” Saya kira ini menjadi satu pertanyaan yang penting, satu pertanyaan yang lahir ditengah kita masih sedang mencari solusi terkait bagaimana merawat kebhinekaan, merengkuh kemajuan peradaban, hingga menuntaskan kemiskinan dan tentunya mengatasi konflik agama yang merusak hubungan antar sesama anak bangsa dan merusak perdamaian bangsa.

Baca Juga:  Dimana Tersesat?

Tepat saat ini, kita telah tiba pada hari di mana usia himpunan kita ini sudah tidak lagi muda, tidak lagi sekedar romantika dan intrinsik remaja, tapi telah penuh dengan lika-liku luka kehidupan. Ya, sejak berdirinya, dengan usia 75 tahun, telah bergerilya dan berjuang tanpa pamrih demi memperjuangkan keislaman, kebangsaan dan keindonesiaan. Toh, itulah organisasi kemahasiswaan yang rela menempuh jalan derita demi menuju ridha-Nya.

Adapun mengulik tema yang dicanangkan oleh organisasi tercinta kita ini, sejatinya kalimat “Terbinanya mahasiswa Islam menjadi insan Ulil Albab yang turut bertanggung jawab atas terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT” bukanlah narasi tanpa makna. Kalimat tersebut merupakan tujuan mulia dari organisasi kita ini, tujuan yang kemudian menjadi impian ini pun diderivasikan ke dalam sebuah sistem yang kita anut, yakni skema model perkaderan, hingga kemudian skema model perkaderan tersebut menuntun kita kepada objek dari upaya-upaya dan garis-garis perjuangan HMI, yaitu masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Wanita Tangguh Prajurit Muslimah Sahabat Nabi: Ummu Ummarah
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 4 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending