Literatur

Misteri Bangun Pagi

Published

on

وَهُوَ الَّذِىۡ جَعَلَ لَـكُمُ الَّيۡلَ لِبَاسًا وَّالنَّوۡمَ سُبَاتًا وَّجَعَلَ النَّهَارَ نُشُوۡرًا‏ “Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha”. Allah SWT menciptakan manusia dan organ-organ tubuhnya untuk bekerja di waktu siang dan beristirahat di malam hari. Manajemen waktu tidur optimal di malam hari dalam tuntunan islam dapat di telaah dari QS. Adz-Dzariyaat ayat 15-18: اِنَّ الۡمُتَّقِيۡنَ فِىۡ جَنّٰتٍ وَّعُيُوۡنٍۙ اٰخِذِيۡنَ مَاۤ اٰتٰٮهُمۡ رَبُّهُمۡ‌ؕ اِنَّهُمۡ كَانُوۡا قَبۡلَ ذٰلِكَ مُحۡسِنِيۡنَؕ‏
Baca Juga:  Muasal Kalender Hijriyah
كَانُوۡا قَلِيۡلًا مِّنَ الَّيۡلِ مَا يَهۡجَعُوۡنَ وَبِالۡاَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُوۡنَ “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).” Waktu pagi merupakan waktu istimewa. Begitu banyak makna positif yang memberi spirit dan optimisme dalam hidup yang datang menyertai pagi. Pagi hari adalah waktu yang diliputi keberkahan, sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah saw dengan jelas dalam do’a yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang artinya :
Baca Juga:  Dimana Tersesat?
Rasulullah berdoa: “Ya Allah berkahilah umatku di pagi hari mereka”. Dalam do’a di atas, Rasulullah saw ingin melihat umat beliau menjadi kumpulan manusia yang gemar beraktivitas diawal waktu. Hanya mereka yang bersungguh-sungguh mengharapkan keberhasilan dan keberkahan yang bakal sanggup berpagi-pagi dalam kesibukan dan beraktivitas. Oleh karenanya, hendaknya kita tidak mengecewakan nabi kita yang menjadi panutan dan teladan umat manusia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending