Literatur

Patah Tumbuh Hilang Berganti

Published

on

Oleh: Kanda Irkham Magfuri Jamas, Ketua Umum Cabang Serang 22’23

Tulisan ini dibuat teruntuk kalian yang membuatku menangis, bukan kalian yang membuatku tertawa. Hari demi hari terus berganti, tak terasa waktu menyelimuti masa muda kita dan beranjak menjadi sosok yang lebih dewasa. Kedewasaan mental, sikap dan perilaku yang semua itu ditempa hari demi harinya dengan benturan masalah dan tantangan hingga membentuk karakter kita masing-masing.

Ada yang terbentuk menjadi pemalas sebab ia selalu kalah dengan rasa malas yang membenturnya, ada yang menjadi sosok pendobrak karena keadaan yang selalu memaksanya membuat dobrakan, ada yang menjadi pengecut sebab kekalahannya pada situasi dan keadaan, ada juga mereka yang menjadi pejuang sebab ketangguhannya melawan situasi dan keadaan, ada yang menjadi bijak, arif, berilmu dsb. Yang mana itu semua pasti buah dari sikap dan pengalaman kehidupan yang diarunginya.
Peribahasa lama mengatakan, “Terbentur, terbentur, terbentur lalu terbentuk.”

Pertanyaan besar untuk pembaca sekalian, akan kau bentuk seperti apa dirimu? Apakah pejuang? Atau pecundang? Apakah pemalas? Atau pendobrak? Apakah si Bodoh? Atau si Bijak? Semua jawaban itu ku kembalikan lagi padamu. Ya, kamu yang saat ini mungkin sedang terenung dalam sanubari.

TIAP MASA ADA ORANGNYA DAN TIAP ORANG ADA MASANYA

Sudah sepatutnya generasi ke generasi menjadi lebih baik lagi. Pemuda harus terbiasa menawarkan diri pada medan-medan perjuangan, bukan malah lari dari suatu amanah dan tanggung jawab. Tanda kemunduran generasi adalah bilamana sudah terlihat generasi yang tak memiliki ghiroh seorang pendobrak dan pejuang, mereka yang takut bercucur air mata sebab bertahan mengemban amanah, mereka yang takut berlelah-lelah dalam berjuang di jalan Allah dan mereka yang lebih suka melakukan hal yang sia-sia bahkan parahnya adalah kemaksiatan. Itu semua merupakan ciri kemunduran peradaban.
Sesungguhnya mubazir merupakan perilaku setan.

Baca Juga:  DEKAPAN TUHAN
Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 5 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending