Literatur

Patah Tumbuh Hilang Berganti

Published

on

إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا

“Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya” (QS. Al-Isra: 27).

Islam mengajarkan bagaimana seorang muslim tak boleh menjadi pribadi yang pemboros. Mungkin kita pernah mendapat nasihat orang tua terdahulu tentang makanan yang harus dihabiskan. Perhatikanlah! makanan saja, sebutir nasi saja tak boleh disia-siakan. MasyaAllah.

Tapi umat Islam lupa, ada hal besar yang seringkali disia-siakan. Yakni umurnya, masa mudanya. Betapa banyak anak muda yang melakukan pemborosan terhadap umurnya, padahal masa muda di dunia akan segera berlalu dan takkan pernah kembali. Betapa banyak mereka melakukan perbuatan sia-sia. Alih-alih mempersiapkan diri menuju hari tua dan hari kemudian, anak muda banyak terbelenggu pada hal-hal tak berguna dan parahnya sampai merusak hidup dan masa depannya.

Baca Juga:  Hubungan Kematian dengan Manusia (Menurut Louis Leahy)

Maka pesanku teruntuk kalian pemuda. Marilah kita berlelah-lelah di Jalan Allah untuk amar ma’ruf nahi munkar. Karena usia kita adalah usia kekuatan yang berada di antara dua kelemahan. Marilah kita berlelah-lelah memerangi kebatilan dan mewujudkan kemaslahatan, karena perubahan terjadi dan diemban pundak pemudanya.

Dan marilah kita terus bersemangat pada kebaikan karena Allah. Kemudian, menginfakkan harta, dan raga untuk mewujudkannya. Sebab mereka orang-orang kafir dan fasik pun berlelah-lelah pada kekafiran dan kefasikannya melawan orang-orang beriman. Hanya bedanya, kita mengharapkan rahmat dan ampunan Allah, sedangkan mereka tidak.

Baca Juga:  Hari Ibu: Menilik Ulang Makna 'Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu'

Jika kau lelah, letih, capek. Sama! Mereka pun lelah, letih, capek, bahkan melebihi yang kalian rasakan. Jika kau merasa ditinggalkan, ingatlah Allah dan bala tentara-Nya selalu menolong orang-orang yang beriman. Sebagaimana janji-Nya pada QS. Rum ayat 47.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending