Literatur

Pencarian Identitas Diri sebagai Tugas Perkembangan Psikososial Remaja dan Pentingnya Remaja dalam Menanamkan Nilai Keislaman

Published

on

Oleh: Yunda Arnawati, Kader MPO Komisariat Untirta Ciwaru


Masa merupakan masa peralihan dari anak-anak dengan dewasa. Masa ditandai dengan berkembangnya bentuk beberapa organ-organ tubuh, perkembangan kognitif, bahkan sosialnya.

Pada masa , individu akan mengalami berbagai perubahan yang di mana menuntut mereka harus bisa beradaptasi dengan perubahan terkini. Pada usia mulai juga muncul berbagai masalah yang harus dihadapi para maka dari itu remaja harus mampu memiliki kontrol diri yang baik agar tidak terjebak dalam pergaulan yang buruk.

Pada masa remaja juga merupakan masa dimana individu senang dalam mencoba hal-hal baru karena individu akan memiliki ketertarikan yang lebih terhadap hal-hal baru dan mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pada masa ini juga remaja harus lebih ditanamkan nilai-nilai , dan harus lebih mengenal dan dekat dengan Allah SWT.

Baca Juga:  Perubahan untuk Pendidikan Indonesia

Jika pada masa ini remaja bisa memperkuat keimanan dan ketaqwaan pada Allah maka cara dia berpikir dan berperilaku juga akan berpedoman pada Al-Quran dan Hadits.

Pendalaman ilmu agama juga penting sebab ketika seseorang bisa mengetahui aturan-aturan dalam agama maka dia juga akan bisa menempatkan diri di kehidupan sosial karena adalah agama yang paling di rahmati Allah dan agama paling sempurna di mana dalam terdapat Al-Quran yang berisi firman Allah untuk menjadi pedoman hidup agar tidak menyimpang dari aturan yang telah Allah tetapkan.

Baca Juga:  Kenakalan Remaja Dalam Berpacaran


Pada masa remaja terdapat tugas perkembangan yang harus dipenuhi. Remaja harus mampu mencari jati dirinya (pencarian identitas) karena ini merupakan salah satu tugas perkembangan yang perlu dipenuhi oleh remaja.

Remaja yang berhasil dalam mencari identitasnya maka dapat ditandai dengan kemampuannya dalam memilih peran sosial yang cocok, mampu mengetahui potensi dalam dirinya, tahu kekurangan dan kelebihan dirinya, serta bahkan dia bisa mengetahui gaya belajar apa yang cocok dengan dirinya.

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 3 Halaman

Lagi Trending