Literatur

Pentingnya Menyadari Identitas Sosial

Published

on

Oleh: Yunda Amaini Rahmah, MPO Komisariat Untirta Ciwaru

Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan interaksi satu sama lain, dinamika hubungan sosial antar manusia tidak pernah terlewatkan dalam rentang kehidupannya, dalam artian manusia tidak dapat menghindari dan menyangkal bahwa dirinya memerlukan bantuan dan hubungan satu sama lain.

Namun pada fenomenanya banyak individu-individu yang tidak menyadari pada diri mereka sendiri. Mereka secara sadar maupun tidak sadar menyatakan dan meyakini bahwa dirinya adalah makhluk mandiri dan melepaskan dimulai dari rasa ketidak-pedulian tidak adanya integritas dan toleransi dalam diri yang berdampak pada kematian sosial.


Identitas sesungguhnya adalah hal yang fundamental dalam diri individu , setiap individu memiliki identitas sebagai ciri khas yang melekat pada dirinya sebagai eksistensial dalam kehidupan terutama dalam berinteraksi dengan manusia. Poin penting dalam memahami identitas dalam diri individu adalah bahwa pada interaksi kegiatan sehari-hari orang lain atau diri kita sendiri sering bertanya siapa kamu?

Baca Juga:  Apa yang Kau Lakukan Selama Hidup di Antara 2 Kelemahan?


Sedangkan atau  social identity adalah keseluruhan konsep mengenai gambaran dirinya dan gambaran lingkungan kelompok sosial yang menimbulkan rasa integritas kelompok, kebersamaan, saling pengertian dan menginterprestasikan nilai-nilai dalam kelompok.

Halaman SebelumnyaHalaman 1 dari 2 Halaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending