Literatur

Profesionalitas Guru Tentukan Kualitas Murid

Published

on

Memainkan peran menjadi seorang guru di tentunya bukanlah hal mudah. Dalam menjalankan proses di , guru akan memainkan berbagai peranan penting. Namun demikian, keberhasilan menjadi seorang guru tersebut tergantung pada profesionalitas masing-masing guru. Belum tentu setiap guru akan berhasil memerankan tugasnya dengan baik di ruang kelas.

Untuk menjadi guru yang layak, seorang guru harus mempunyai keterampilan dalam memberikan materi ajar. Guru harus memenuhi beberapa kriteria guru yang ideal bagi peserta didiknya yaitu guru yang ramah dan menyenangkan. Maka dari itu guru harus bisa menjadikan ruang kelas sebagai tempat yang menyenangkan.

Akan tetapi, sebelum menyiapkan kelas yang menyenangkan guru seharusnya mempunyai standar kompetensi dalam mendidik. Terdapat beberapa standar kompetensi yang harus dimiliki seorang guru dalam mendidik diantaranya yaitu, kompetensi pedagogik yang berarti bahwa seorang guru harus memiliki kemampuan dalam memahami karakter atau kemampuan peserta didiknya melalui berbagai cara, seperti melatih perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid. Selanjutnya kompetensi kepribadian, yang dimaksud disini adalah kemampuan yang dimiliki guru dengan cara mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bijaksana, bersikap dewasa, dan berakhlak mulia, karena guru akan menjadi contoh teladan yang baik untuk peserta didiknya.

Guru harus profesional dalam mengembangkan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik di . Sebagai seorang yang profesional, guru juga dituntut untuk memiliki keterampilan konsep dan teori ilmu pengetahuan yang baik, keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan bidang keahliannya, serta harus memiliki tanggung jawab tinggi terhadap profesi yang dijalaninya.

Baca Juga:  Mengenal Sahabat Nabi nan Cakap dan Rupawan, Siapakah Ia?

Lalu guru seperti apa yang diingikan oleh peserta didik? Tentunya guru profesional yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan, bertanggungjawab, serta mampu melaksanakan tugas dan fungsinya seoptimal mungkin. Dalam hal ini, profesi seorang guru bukan sekedar profesi intelektual semata, melainkan lebih dari itu. Guru harus mampu membawa siswa pada suasana pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Guru yang berkualitas pun harusnya guru yang memiliki kemampuan sesuai dengan profesi yang disandangnya.

Besar harapan nantinya di Indonesia akan semakin baik dan maju, tenaga pekerja seperti guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, semakin menjunjung tinggi profesionalitas, dan guru dapat mengajar melatih dan mendidik serta dapat menciptakan penerus bangsa yang berkualitas dan tidak pernah lelah untuk berusaha mencapai keprofesionalan yang tinggi, serta mampu diguguh dan ditiru nantinya oleh peserta didik.

(ara)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Trending