Literatur

Seandainya Dosen Pembimbingku Tahu…

Published

on

 Jangan tinggalkan saya,  jangan biarkan saya terus tersesat. Saya mohon bimbinglah saya, karena sayalah yang paling membutuhkan bimbingan. Mungkin saya tak menjanjikan bisa menjadi yang terbaik, tapi saya berjanji akan menjadi lebih baik bila selalu ada yang bersedia untuk membimbing diri yang hina ini.” Saya teringat penelitian guru besar jurusan Fotografi di University of Florida, yang saya dapati di buku Atomic Habbits karya James Clear. Pada suatu semester di Universitas tersebut, guru besar bernama Jerry Uelsmann membagi fotografinya menjadi dua kelompok Kelompok satu diberi nama kelompok “kuantitas”, sedangkan kelompok dua diberi nama kelompok “kualitas”. Dua kelompok ini memiliki penilaian yang beda selama satu semester.
Baca Juga:  Bucin: Bukti Cinta
Kelompok “kuantitas” akan mendapatkan nilai jika mereka mengumpulkan sejumlah foto. Semakin banyak foto yang terkumpul maka akan semakin banyak nilai yang didapatkan. yg membawa 100 foto akan dapat nilai A, yg membawa 90 foto, dapat B dan 80 foto akan dapat nilai C dan seterusnya. Sebaliknya, kelompok “kualitas” akan mendapatkan nilai hanya dilihat dari kualitas gambar tersebut. Semakin bagus dan sempurna karya itu maka akan semakin besar nilai yang didapat.
Baca Juga:  Harapan Selalu Dibayangi Kesenjangan
Pada akhir semester, Uelsmann mengumpulkan karya-karya dari kedua kelompok tersebut. Akhirnya dia mendapati bahwa ternyata semua foto terbaik dihasilkan oleh kelompok “kuantitas”. Karena selama semester itu, kelompok “kuantitas” sibuk membuat foto, bereksperimen, menguji berbagai metode, dan belajar dari kesalahan-kesalahan mereka. Berbeda dengan kelompok “kualitas,”selama semester itu mereka hanya melamun tentang kesempurnaan. Sehingga mereka hanya sedikit menunjukkan bukti usaha mereka. Tidak ada dari mereka yg menggali teori-teori yang diajarkan di perkuliahan, sehingga hanya menghasilkan foto biasa-biasa saja.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lagi Trending