Sekilas Info

Gelar Petrofin Journalist Academy Perdana, Elnusa Petrofin Jadikan SMAN 17 Makassar Lokasi Pertama

Published

on

MAKASSAR, suarahimpunan.com – PT Elnusa Petrofin (EPN) yang bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM, telah sukses menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk ‘Petrofin Journalist Academy 2021‘ dan bekerjasama dengan media Tribun Timur, Jum’at (17/12/2021).

Kegiatan ini merupakan upaya edukasi dan wadah untuk meningkatkan softskill jurnalistik. Sekaligus ranah untuk memperkenalkan profesi jurnalis pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Lokasi yang dipilih yaitu SMAN 17 Makassar dan berlangsung secara hybrid, dengan diikuti 40 siswa secara tatap muka, dan ratusan peserta lainnya mengikuti kegiatan secara daring via zoom meeting.

Head of Corporate Communication PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan yang diadakan itu adalah sebuah perwujudan Corporate Social Responsibility (CSR) Elnusa Petrofin.

“Dalam melaksanakan kegiatan CSR ini, kami bekerja sama dengan media lokal yakni Tribun Timur yang tentunya para siswa SMA akan memperoleh materi dari narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam jurnalistik,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui Pilar Petrofin Pintar berupa pelatihan jurnalistik mampu dalam menciptakan jurnalis-jurnalis muda yang kompeten dan profesional dikalangan pelajar SMA.

Disamping itu, Putiarsa berharap agar kegiatan Petrofin Journalist Academy bisa meningkatkan pengetahuan siswa-siswi milenial dalam bidang jurnalistik. Sehingga mereka mampu menyusun narasi pemberitaan atapun mengkomunikasikan berbagai ide kedalam sebuah narasi dan visual yang tidak hanya layak menjadi suguhan semata, tetapi juga berkualitas untuk disajikan.

Selanjutnya, Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur, Ronal Ngantung mengungkapkan bahwa pengaruh digitalisasi di zaman ini begitu besar, sehingga terjadi perkembangan media massa yang begitu pesat pula.

Hal itu menjadikan berbagai kalangan masyarakat beralih menjadi serba virtual yang mengandalkan sosial media. Tidak terkecuali para generasi muda sebagai pembaca.

Dirinya menuturkan bahwa berkolaborasi bersama Elnusa Petrofin, membantu fungsi dan tugas media. Selain mencerdaskan generasi muda, pelatihan yang diberikan kepada sekolah-sekolah juga dapat meningkatkan kapasitas diri mereka.

Kepala Sekolah SMAN 17 Makassar, Drs. H. Nasrullah mengucapkan rasa terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin serta Tribun Timur yang telah menggelar acara dan menjadikan SMAN 17 Makassar lokasi pertama program CSR Petrofin Journalist Academy, yang tentunya kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut memberikan siswa-siswinya media pembelajaran baru yang bersifat edukatif.

“Sisi pendidikan praktis sekarang menjadi paradigma yang didengungkan oleh Menteri. Semoga pelatihan ini menambah softskill bagi siswa kami sebagai wadah pembelajaran untuk mengembangkan minat bakat siswa dalam dunia jurnalistik,” ujarnya.

Beberapa rangkaian acaranya yakni pengenalan dasar jurnalistik, teknik pengambilan fotografi untuk pemberitaan, bagaimana menentukan judul, diskusi teknik menulis berita, hingga games sebagai penghibur dan pengasah kreativitas peserta.

Dipenghujung acara, peserta kelas jurnalistik diberikan pengenalan mengenai bisnis Elnusa Petrofin. Dengan berbagai aksi sosial yang dilakukan, seperti Petrofin Peduli, yang terlaksana dibeberapa wilayah operasi perusahaan EPN yang tersebar diseluruh Indonesia.

Tak berhenti sampai sini, program CSR Petrofin Journalist Academy akan kembali digelar, dengan target wilayah yang menjadi lokasi bisnis dan operasional PT Elnusa Petrofin.

rrn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Trending